Tutorial Blog dan Tips AdSense

Dijual rumah di Jakarta Timur, selengkapnya klik di sini

Penyebab Blog Tidak Masuk Search Engine

Penyebab Blog Tidak Masuk Search Engine
Search engine merupakan sarana bagi para blogger untuk mendapatkan pengunjung yang banyak. Ada juga cara lain untuk mendapatkan pengunjung, tetapi biasanya orang-orang lebih menggunakan search engine daripada mencari manual dan mengeksplorasi internet sehingga matanya menjadi pegal. Dengan hanya mengetik di search engine orang-orang bisa menemukan apa yang dicarinya.

Para Blogger pun ikut mendapatkan untung dari adanya search engine tersebut, mereka hanya diam dan menunggu search engine menghantarkan pengunjung ke blog mereka. Dengan ini orang yang menjadi admin di blog tersebut mendapatkan pengunjung yang lebih banyak dan tidak usah mencari pengunjung dan mempromosikan blog mereka.

Namun jika saja blog mereka tidak masuk ke search engine juga percuma, mereka tidak akan mendapatkan pengunjung dengan cara yang mudah. Mereka harus mencari pengunjung dengan cara yang sulit yaitu dengan mempromosikan blog mereka, tetapi biasanya tidak banyak yang datang. Berikut adalah penyebab mengapa blog tidak masuk search engine dan solusinya.

Blog masih baru
Saat anda masih dalam tahap membangun blog, artikelnya masih sedikit, dan umur blog masih sangat muda. Tidak masuk di search engine pada saat itu memanglah hal yang wajar, pada saat itu googlebot belum memasuki blog anda, jadi blog belum terindeks oleh google. Jangan terburu-buru menginginkan pengunjung yang banyak dalam blog anda masih banyak tahapannya.

Blog memang tidak dapat diindeks
Blog tidak dapat diindeks biasanya disebabkan oleh robots.txt dan meta tag yang diatur di dalam template blog anda. Robot.txt dapat mengatur agar googlebot tidak mengindeks blog anda dan sama juga dengan meta tag. Jadi lihat terlebih dahulu meta tag dan robots.txt blog anda.

Kurangnya backlink
Backlink merupakan link yang bisa menyebabkan blog anda dimasukki dan terindeks oleh googlebot. Jika saja anda tidak memiliki satupun backlink, blog anda akan sangat sulit untuk diindeks. Anda memerlukan blog dofollow ataupun membeli backlink untuk mendapatkan backlink, tapi terlalu banyak backlink dapat menyebabkan blog anda dianggap spam oleh Google.

Boom links
Seperti yang saya katakan di atas tadi bahwa terlalu banyak backlink dapat menyebabkan blog anda dianggap spam oleh Google. Apabila anda membangun backlink dengan banyak dalam jangka waktu yang sedikit akan lebih mudah terdeteksi oleh Google.

Blog anda terlalu berat
Baru-baru ini Google memasukkan kecepatan loading blog dalam algoritma mereka, sehingga mereka dapat membandingkan mana yang lebih pantas untuk masuk ke search engine mereka. Jika saja blog anda terlalu berat tentu saja Google tidak akan memilih blog anda.

Tag h1 yang tidak digunakan secara optimal
Tag h1 biasanya digunakan dalam judul blog ataupun judul artikel, karena teks yang memakai tag h1 akan lebih terindeks oleh google dibandingkan teks yang lainnya. Jadi gunakan lah tag h1 secara optimal, jangan memasukkan kata-kata tidak penting dalam tag h1 tersebut.

Terlalu banyak pengalihan halaman
Pengalihan halaman banyak terjadi diblog-blog yang memasang iklan, bahkan sudah diatur dalam beberapa waktu laman tersebut akan mengalihkan ke laman yang lain. Jika terus-terusan seperti ini blog mereka akan masuk ke dalam sandbox dan tidak akan masuk ke search engine lagi.

Terlalu banyak broken link
Broken link merupakan salah satu hal yang tidak disukai oleh Google, karena dapat menjerumuskan pengunjung ke dalam link yang sebenarnya tidak ada, karena itu anda harus memperbaiki dimana letak broken link anda. Anda bisa melihatnya di cara mengatasi broken link.

Title tag yang berulang
Pada saat google mencari judul artikel dari blog yang sedang diindeksnya mereka akan mencari title tag dalam artikel tersebut sebagai judul pada saat ditampilkan di search engine mereka. Tetapi jika ada title tag yang berulang maka google akan bingung dan tidak jadi mengindeks blog anda.

Demikian artikel dari saya semoga bermanfaat, dan bagi yang ingin bertanya bisa ditanyakan di kotak komentar dibawah postingan ini.

Tag : Tips Blogger
7 Komentar untuk "Penyebab Blog Tidak Masuk Search Engine"

Cara memgetahui robot.txt dimna ya gan ?? Mohon penjelasannya.. hehe

Cara memgetahui robot.txt dimna ya gan ?? Mohon penjelasannya.. hehe

ada di setelan>>preferensi penelusuran

Cara memasang h1 dimna penempatannya ya gan ?

Biasanya di judul artikel atau di judul blog

Saya minta agar anda tidak memakai akun Anonim untuk berkomentar, gunakan akun anonim hanya saat anda sedang dalam keadaan darurat, saya minta juga untuk tidak menggunakan kata-kata kasar dalam berkomentar. Terimakasih atas perhatiannya.