Tutorial Blog dan Tips AdSense

Dijual rumah di Jakarta Timur, selengkapnya klik di sini

Sepi Komentar Bukan Berarti Sepi Pengunjung

Komentar merupakan fitur yang disediakan oleh Blogger yaitu untuk mengomentari artikel yang sudah dibuat. Dengan ini pengunjung dapat mengomentari artikel tersebut dan mengeluarkan pendapatnya dengan leluasa. Komentar juga kadang-kadang digunakan sebagai sarana bertanya dengan admin maupun sesama pengunjung di artikel tersebut. Namun jika saja artikel tersebut sepi komentar bisa saja artikel tersebut ramai pengunjung, mengapa bisa begitu?.

Sepi Komentar Bukan Berarti Sepi Pengunjung

Orang-orang yang mengunjungi blog tersebut kebanyakan berasal dari search engine yang mengalihkannya ke artikel tersebut. Orang yang mengunjungi artikel kita tentunya mempunyai tujuan tersendiri misalnya untuk mencari informasi, pembelajaran, blogwalking, dan lain-lain. Tentunya tidak semua orang ingin berkomentar di artikel itu terkadang hanya sebagian, dan sangat mustahil jika semua pengunjungnya mengomentari artikel tersebut.

Para pemilik blog yang mempunyai komentar banyak pun mempunyai beberapa kendala seperti, terlalu banyak spam, kesulitan membalas komentar, dan lain-lain. Pemilik blog tersebut tentunya ingin mengambil jalan agar komentarnya menjadi semakin bersih dari spam ataupun yang lainnya.

Para pemula di Blogger justru ingin mengambil jalan sebaliknya. Ingin komentarnya menjadi banyak, walaupun isinya itu spam semua, tetapi tetap dibalas, karena para pemula tidak tahu menahu tentang spam dan yang bukan spam, dan para pemula blogger itu semangatnya masih tinggi yaitu untuk meramaikan pengunjung di blognya itu sendiri. Saat dia sudah lama menjadi blogger pasti akan ingin menghapus komentar yang tidak benar, menghapus komentar spam, dan yang lainnya.

Walaupun begitu, ada juga blog yang bersih dari spam, yaitu salah satu blog saya RH-Comp meskipun sudah dibuka jalan untuk berkomentar dan dibuka jalan untuk spam tidak ada yang mengomentari. Padahal pengunjungnya itu sudah banyak per artikelnya, bahkan sudah menembus angka pageviews 500 belum ada yang mengomentari, padahal artikel itu baru dua hari diluncurkan lalu langsung banyak yang mengunjungi.

Sepi Komentar Bukan Berarti Sepi Pengunjung

Penyebab blog sepi komentar tetapi pengunjungnya banyak adalah niche blog yang tidak perlu ditanyakan (sudah jelas) dan orang-orang sudah tahu caranya, admin yang ingin membersihkan artikel tersebut dari spam sehingga adminnya membuat chaptcha ataupun memberi batasan hanya yang mempunyai akun Google yang boleh mengomentari. Perlu saya ingatkan juga, spam dapat menurunkan nilai SEO anda sehingga drop dan bisa masuk ke dalam sandbox.

Jadi saat anda mengunjungi blog yang terkesan sepi komentar dan anda mengira pengunjungnya sedikit, itu tidak benar. Ada kalanya blog yang ramai pengunjung akan kehilangan komentar yang biasanya datang pertama namun sekarang tidak datang seperti blog ini.

Tag : Tips Blogger
9 Komentar untuk "Sepi Komentar Bukan Berarti Sepi Pengunjung"

Oohhh gitu yaa mas, bisa di lihat juga di postingan kan?

saya setuju, dan saya pun mengalaminya

Sebenarnya setuju .Hehe, kalo punyaku cuman PV 100 , sepi pula komennya. Komen balik : farukparkerla.blogspot.com

bener banget blog ane niche mungkin karena itu ga ada yang berkomentar udah ga sedih lagi deh walau sepi komentar :'v

sukses selalu mas buat blognya hehe

Saya minta agar anda tidak memakai akun Anonim untuk berkomentar, gunakan akun anonim hanya saat anda sedang dalam keadaan darurat, saya minta juga untuk tidak menggunakan kata-kata kasar dalam berkomentar. Terimakasih atas perhatiannya.