Tutorial Blog dan Tips AdSense

Dijual rumah di Jakarta Timur, selengkapnya klik di sini

Cara Menurunkan Bounce Rate Blog

Cara Menurunkan Bounce Rate Blog
Saat anda membuka Alexa pasti di situ ada tulisan bounce rate. Setiap blog mempunyai bounce rate dengan ini kita tahu seberapa besar pengunjung menyukai blog kita. Jika anda blogger senior pasti anda tidak asing lagi dengan bounce rate ini. Bagi anda blogger pemula jangan senang dulu saat bounce rate anda tinggi, kerja bounce rate itu semakin kecil nilainya maka semakin bagus. Sebelum mengenal caranya kita mengenal dulu apa sih bounce rate itu, dan apa pengaruhnya pada blog.

Apa itu bounce rate

Bounce rate adalah presentase kunjungan pada satu halaman, misalnya pengunjung masuk dan keluar lagi dari halaman blog anda. Bounce rate bisa menjadi pengukuran seberapa besar pengunjung menyukai pada blog anda, dan bisa menjadi indikator seberapa berkualitas post pada blog anda.

Bagaimana bounce rate blog yang baik

Bounce rate yang baik adalah yang kecil, semakin kecil bounce rate maka menandakan pengunjung meminati blog anda dan tidak hanya membuka satu halaman saja tetapi membuka semua halaman yang ada pada blog anda, dan sebaliknya jika bounce rate besar maka semakin buruk dan pengunjung tidak terlalu meminati blog anda.

Bounce rate yang baik itu berkisar antara 20%-40%, sedangkan bounce rate yang buruk itu di atas 70%, jadi jika blog anda hanya mempunyai 1 post pasti bounce ratenya 100%.

Jika anda sudah mengerti apa itu bounce rate, mari kita simak cara menurunkan bounce rate blog di bawah ini.

Mempercantik tampilan blog anda

Coba anda perhatikan tampilan blog anda terlebih dahulu, kebanyakan blog yang bounce ratenya bagus pasti memiliki tampilan sederhana. Misalnya seperti Google, homepage google terlihat sederhana dengan font yang elegant dan warna background putih yang menjadikan pengunjung bisa berlama-lama di sana. Sekarang hiaslah blog anda dengan tampilan yang elegan dan font yang disukai oleh pengunjung anda

Mempercepat loading blog

Pengunjung biasanya akan kabur karena saat loading selalu lama dan hanya menghabis-habiskan waktu, itulah penyebab bounce rate semakin buruk. Coba anda pilih template dengan loading cepat dan tidak menghabiskan banyak waktu saat loading. Sesuaikan dengan kecepatan koneksi internet pengunjung anda, jika pengunjung anda Indonesia pasti harus template yang loading cepat.

Membuat konten yang menarik

Semakin menarik konten maka semakin banyak pengunjung blog anda. Buatlah konten yang menarik dan mengikuti tren sekarang. Jangan membuat konten hanya copy paste dari hasil ketikkan seseorang, selain memberikan bounce rate yang buruk tetapi juga membuat blog anda cepat dihapus dari Google. Waktu itu saya pernah melihat blog, hanya menulis satu konten yang mengikuti tren sekarang, bounce ratenya langsung menurun hingga 40% dengan cepat.

Memasang "Artikel Terkait" setelah postingan blog

Widget artikel terkait berfungsi menautkan post yang satu dengan yang lainnya. Jadi saat pengunjung sudah selesai membaca mereka akan mengklik kembali post yang menarik di widget artikel terkait tersebut. Dengan artikel terkait anda bisa menurunkan bounce rate dengan mulus, dan pengunjung akan meminati blog anda beserta isi-isinya.

Tag : Tips Blogger
2 Komentar untuk "Cara Menurunkan Bounce Rate Blog"

Wah ternyata seperti itu cara cara menurunkan bounce rate nya.. :) trimakasih banyak :)

Saya minta agar anda tidak memakai akun Anonim untuk berkomentar, gunakan akun anonim hanya saat anda sedang dalam keadaan darurat, saya minta juga untuk tidak menggunakan kata-kata kasar dalam berkomentar. Terimakasih atas perhatiannya.